Mengikuti Lomba Masak Ikan Provinsi Jawa Tengah 2019

0
41

Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2019 dilaksanakan pada Tanggal 29 – 30 November 2019 bertempat di Pendopo Lapangan drh. Soepardi Kabupaten Magelang. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ke-6 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pada lomba Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2019 diikuti  34 Kabupaten/Kota (1 Kabupaten absen). Dari Kabupaten Jepara diwakili oleh TP PKK Kec. Tahunan,  Ibu Nunuk Hidayatun dan Sinta Dewi, keduanya adalah tim penggerak PKK Kab/Kota yang menjadi Juara Pertama Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kab/Kota dan berhak mewakili Kabupaten Jepara di lomba masak ikan tingkat Provinsi Jawa Tengah.

 

Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2019 melombakan menu Keluarga yang dimasak secara langsung (live) dengan bahan baku Fillet Ikan Nila, dimana didukung oleh menu balita dan menu kudapan. Pada Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2019, menu keluarga yang dilombakan adalah inovasi menu yang berasal dari masing-masing Kab/Kota. Melalui strategi tersebut diharapkan dapat mendorong lahirnya inovasi sekaligus mendukung promosi menu khas daerah. Menu dari Kab. Jepara terdiri dari :

  1. Menu Keluarga : Gedebung Nidas (Gedebog Dalam Bung Nila Pedas)
  2. Menu Kudapan : Silinder Serundeng Nila (Srinil)
  3. Menu Balita : Panias Saus Laksa (Pate’ Nila Saus Laksa)

Dalam event lomba masak ikan tersebut dinilai oleh juri yang kompeten terdiri dari : Moch. Adi Widodo dari Persatuan Pengusaha Jasa Boga Indonesia(PPJI) Jawa Tengah, Sigit Nugroho  dari Persatuan Pengusaha Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah, Darmawan dari Indonesian Chef Assosiation (ICA) Jawa Tengah, Dr. Alberta Rika Pratiwi, M.Si dari UNIKA Soegijapranata Jurusan Pangan dan Devita Ayu Fendiawan dari Dharma Wanita Persatuan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tenqah. Hasil dari lomba masak ikan Provinsi Jawa Tengah, peserta dari Kabupaten Jepara menyabet juara III Kategori menu keluarga, Juara II Kategori menu Kudapan dan Juara II Kategori menu balita.

Dalam acara tersebut DR. Agus Suherman, MSi. Dirjend. Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP RI)  berkesempatan mengunjungi stand Dinas Perikanan Jepara bersama Ir. FENDIAWAN TISKIANTORO, M.Si.Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah. Selain itu juga berkunjung Bapak Edy Sujatmiko, S.Sos, MM., MH. Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara dan Bapak Andang DPRD Provinsi Jawa Tengah