“Kampanye Gemarikan Ayo Makan Ikan” di Alun-alun 1 Jepara

0
41

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)   dikampanyekan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi dari mengonsumsi ikan. Hal ini membuat Pemerintah Kabupaten Jepara mengadakan acara “Kampanye Gemarikan Ayo Makan Ikan” yang dilaksanakan pada tanggal tanggal 2 November 2019, bertempat di Alun-Alun Satu Jepara. Dalam kampanye tersebut dihadirkan 200 peserta siswa berasal dari SD N Panggang 2 dan SD N Panggang 4 Jepara, selain itu ada TP PKK Kabupaten dan TP PKK Kecamatan se kabupaten Jepara sebanyak 100 orang. Dihadirkan pula selebriti chef ibukota, Ibu Sisca Suwitomo. Dalam memeriahkan Kampanye Gemarikan, dihadirkan pula chef dari seluruh resto di Kab Jepara yang tergabung di Indonesian Chef Association (ICA) yang melakukan demo masak di tengah Alun-Alun. Para Chef memasak makanan khas Jepara, yaitu “Pindang Srani”  sebanyak 400 porsi dan dibagikan kepada seluruh pengunjung.  

Tujuan dari Kampanye Gemarikan ini adalah agar anak-anak mau mengkonsumsi ikan, sehingga dapat tumbuh sehat, kuat, dan cerdas. Karena kandungan nilai gizi yang terdapat pada ikan antara lain, protein, mineral yodium dan zat besi, vitamin D dan B kompleks, kalsium, fosfor, serta lemak tak jenuh atau Omega-3 berupa EPA dan DHA. Ini merupakan upaya pencegahan hambatan pertumbuhan (Stunting) yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Selain itu Kampanye Gemarikan juga digalakkan dalam upaya untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di kabupaten Jepara yang masih rendah yaitu sebesar 24,04 kg/kapita/tahun pada tahun 2018. Harapannya, budaya  mengkonsumsi ikan dapat menjadi kebiasaan masyarakat Jepara khususnya, Indonesia pada umumnya tak hanya masyarakat pesisir, tapi juga masyarakat yang tinggal di kota dan pegunungan. Peningkatan konsumsi ikan menjadi tanggung jawab bersama. Semua elemen pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat bersatu padu dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya masyarakat, produktivitas dan daya saing bangsa.